Berita

Layanan Teknologi


Pelajar MAN 1 Kota Bekasi Berkunjung ke Stasiun Bumi LAPAN Rumpin dalam Rangkaian Kegiatan Study KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 08 Feb 2018 • Dibaca : 1054 x ,

Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat)-LAPAN merupakan suatu lembaga litbang yang memiliki tugas pokok untuk melaksanakan penelitian, pengembangan, perekayasaan dan pemanfaatan serta penyelenggaraan keantariksaan di bidang teknologi satelit. Sebagai suatu lembaga litbang, sudah seharusnya Pusteksat-LAPAN memberikan edukasi kepada generasi muda agar dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman di bidang teknologi satelit.

Terkait dengan hal tersebut, pada tanggal 6 Februari 2018, Pusteksat-LAPAN menerima kunjungan sekitar 40 orang pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bekasi beserta 2 orang guru pendamping. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan “Study KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)”. Para pelajar tersebut berkesempatan berkunjung ke Stasiun Bumi LAPAN Rumpin, yang merupakan salah satu Ground Station yang dimiliki oleh Pusteksat-LAPAN. Kunjungan tersebut bertujuan ingin menambah wawasan para pelajar tentang stasiun bumi serta teknologi satelit, khususnya satelit yang di kembangkan oleh LAPAN.

Tepat pukul 13.00 WIB rombongan hadir dan di sambut oleh peneliti dan staff Diseminasi Pusteksat-LAPAN.di Stasiun Bumi LAPAN Rumpin, atau sering disebut dengan “Gedung Bola”. Dalam kesempatan tersebut, Peneliti Pertama yang dimiliki Pusteksat-LAPAN, Sonny Dwi Harsono mengucapkan rasa terima kasihnya karena Pelajar MAN 1 Bekasi telah berkunjung. Beliau berharap agar para pelajar tersebut bisa menambah ilmu pengetahuan mereka tentang satelit. Selanjutnya, Sonny memaparkan tentang satelit yang dikembangkan oleh Pusteksat-LAPAN. 


Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang Satelit LAPAN-A3 yang mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah pemantauan kapal di lautan, pemantauan lahan pertanian, pemantauan permukiman perkotaan dan lain sebagainya. Sementara itu, satelit LAPAN-A3 memiliki manfaat diantaranya pemantauan kapal dengan menggunakan AIS (Automatic Identification System), pemantauan lahan pertanian menggunakan (Line Imager Satelit Application) LISA, Pemantauan area pemukiman dengan menggunakan Space Cam lalu magnetometer yang di gunakan untuk pemantauan magnet bumi. Setelah paparan disampaikan, acara dilanjutkan dengan melihat ruang kendali satelit LAPAN. 

Peneliti pertama Pusteksat-LAPAN, Anshari Akbar, memandu para pelajar dalam ruang kendali satelit LAPAN dan menjelaskan tentang fungsi stasiun bumi terhadap satelit serta dasar penempatan stasiun bumi LAPAN.


attitude satelit melalui TT&C (Tracking, Telemetry &Commanding) suatu satelit. Sampai saat ini, Pusteksat-LAPAN telah memiliki beberapa Stasiun Bumi LAPAN di hampir semua pelosok nusantara, diantaranya Biak-Papua, Pare-pare-Sulawesi, Agam-Sumatera, Bogor-Jawa Barat dan 1 (satu) yang berada di luar negeri, tepatnya di Svalbard-Norwegia. Antusiasme pelajar terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan. Pada akhir acara, para pelajar tersebut menyampaikan kesan-kesannya selama berkunjung di Pusteksat-LAPAN yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

 

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL