Berita

Layanan Teknologi


Dalam Rangka Perkuat Sinergi, Pusteksat Berkunjung ke PUI Pusat Mikroelektronika-ITB dan PSTA-LAPAN Bandung
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : edrbgr • 28 Jan 2018 • Dibaca : 1341 x ,

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan, sumber daya dan jaringan iptek yang unggul, inovatif serta berdaya saing, Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) berkunjung ke Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Mikroelektronika - ITB serta Pusat Unggulan Iptek Lembaga - Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer-LAPAN, pada tanggal 26 Januari 2018. 

Untuk kunjungan yang pertama, bertempat di Pusat Antar Universitas (PAU)
Building 4th Floor, Institut Teknologi Bandung, rombongan diterima langsung oleh Kepala Pusat Mikro Elektronika-ITB Trio Adiono, ST., MT., Ph.D, serta para dosen ITB yaitu Ir. Budi Rahardjo M.Sc.,Ph.D, Ir. Farkhad Ihsan Hariadi M.Sc.- Electronics Manufacture Lab, Dr. Eng. Muhammad Amin Sulthoni ST., MT- Device & IC Processing Lab, Nur Ahmadi, M.Eng. Sementara itu, perwakilan dari Pusteksat terdiri dari Kepala Pusat Teknologi Satelit Ir. Mujtahid, M.T., Kepala Bidang Program dan Fasilitas Abdul Karim, S.T., M.T., Kepala Bidang Diseminasi Wahyudi Hasbi, S.Si., M.Kom., dan struktural lainnya serta Peneliti dan Perekayasa. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinergi dan penjajakan kerja sama serta bertukar pendapat tentang PUI yang selama ini telah di jalankan.

Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Pusteksat. Beliau memaparkan maksud dan tujuan ke PUI tersebut, yaitu sebagai upaya untuk membangun sinergi antara Pusat Mikroelektronika-ITB dengan Pusteksat. Selain itu, beliau juga berharap pertemuan tersebut akan memungkinkan terjalinnya kerja sama antara kedua belah pihak. Setelah itu, beliau memperkenalkan anggota tim Pusteksat yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Selanjutnya, Kepala Pusat Mikro Elektronika-ITB Trio Adiono, ST., MT., Ph.D, menyampaikan sambutannya. Beliau menerima dengan baik kunjungan tersebut dan dilanjutkan dengan memperkenalkan Tim dari Pusat Mikroelektronika-ITB. Dalam sesi pemaparan Trio Adiono menjelaskan tentang Pusat Unggulan Iptek Mikroelektronik-ITB yang fokus pada pengembangan Teknologi, Produk dan Industri Elektronika di Indonesia. Pusat Unggulan Iptek Mikroelektronik (PUI-PT ME)-ITB mempunyai Visi yaitu “sebagai Center of Excellence yang menstimulasi pengembangan sains dan teknologi di bidang mikroelektronik melalui aktivitas Research and Development, edukasi, dan kerja sama dalam ekosistem elektronika berskala nasional dan internasional”, dan Misi “Membangun sinergi yang melibatkan pemerintahan, akademisi, industri, dan bisnis melalui aktivitas Research and Development, edukasi, dan kerja sama untuk menghasilkan produk teknologi dan servis dalam skala nasional dan internasional”.



Selanjutnya, beliau menjelaskan bahwa dalam bidang penelitian dan pengembangan, Pusat Unggulan Iptek Mikroelektronik-ITB mencakup keseluruhan ekosistem industri elektronika dari hulu ke hilir, yaitu Teknologi Chip (komponen), Teknologi Sistem Elektronika (ODM/OEM), dan Teknologi Manufaktur Perangkat Elektronika, dan untuk mendukung itu, Pusat Mikroelektronik membangun laboratorium diantaranya Lab Perancangan IC (Integrated Circuits), Pemrosesan IC, Perancangan Sistem Elektronika dan Lab Manufaktur Elektronika. Produk yang telah dihasilkan adalah Bromo 4G Broadband, Own Grid Radio tune, Small Cell LTE 4G Broadband, Minds( Smart Home System), wind flow censor dan Smartphone 4G LTE.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat berupa hasil litbangyasa Pusteksat yaitu small satellite. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan mengapa small satellite. Terdapat beberapa kajian diantaranya adalah pengambilan resiko, waktu pengembangan lebih cepat, Platform/Bus yang dapat dikembangkan (terutama pada orbit resiko tinggi), dapat di gunakan pada misi baru, biaya relatif rendah dan sebagai sarana uji coba untuk mengurangi resiko pada pengembangan satelit yang lebih besar. Paparan dilanjutkan dengan road map satelit LAPAN, dari satelit yang sudah meluncur yaitu satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSat, LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB serta satelit yang masih dalam pengembangan yaitu Satelit LAPAN-A4 dan Satelit-A5 yang segera di luncurkan. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan pembahasan mengenai potensi kerja sama yang dapat dilakukan. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan kunjungan ke fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Pusat Mikroelektronika-ITB yang didampingi oleh Farkhad Ihsan Hariadi selaku Kepala Lab Manufaktur.


Pada kunjungan kedua, tepat pukul 14:30 WIB, Rombongan Pusteksat mengunjungi Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA)–LAPAN. Bertempat di ruang rapat utama PSTA, rombongan diterima langsung oleh Kepala Bidang Program dan Fasilitas-Dr. Didik Setiadi dan Drs. Waluyo Eko Cahyono, MIL.

Acara di awali oleh sambutan kedua belah pihak yang intinya ingin saling berbagi dan bersinergi untuk menjadi Pusat Unggulan Iptek yang lebih maju. Acara dilanjutkan dengan presentasi PUI yang disampaikan oleh Eko Cahyono yang memaparkan tentang definisi, unsur penting, indikator, penguatan kapasitas lembaga (Sourcing-Absorptive Capacity, R & D Capacity, Disseminating Capacity). Beliau juga menjelaskan mengenai fokus unggulan PSTA, yang bertujuan ingin memperkuat kapasitas nasional (SDM, Iptek, Fasilitas) dan kontribusi internasional dalam pengembangan model atmosfer di wilayah ekuator benua-maritim Indonesia. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang indikator-indikator kinerja PUI yang telah dilakukan oleh PSTA. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup oleh Dr. Didik Setiadi.


















Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL