Berita

Layanan Teknologi


Perkenalkan satelit LAPAN, dalam Baseline LAPAN Space Debate 2017
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 10 Nov 2017 • Dibaca : 523 x ,

Dalam rangka menyambut ulang tahun LAPAN ynag ke-54, di tahun 2017 ini, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mrngadakan kompetisi debat bahasa inggris untuk siswa SMA sederajat seluruh Indonesia. Kompetisi kali ini bertajuk LAPAN Space Debate Competition 2017 " Satellite Technology Mastery To Conquer The World ". Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya, sejak penyelenggaraan pertama pada tahun 2016 lalu. Di event pertama satu tahun yang lalu, kompetisi ini dilakukan untuk siswa se-Jabodetabek saja, namun melihat antusias yang begitu tinggi, maka di tahun ini kompetisi diadakan pada tingkat nasional. Lomba debat ini diikuti oleh siswa SMA sederajat dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Depok, tangerang, Yogyakarta, Kepanjen, batam, jember dan sebagainya. Dalam kompetisi yang tanpa dipungut biaya ini, sebelumnya sudah dilakukan seleksi video yang diupload oleh para peserta di YouTube tentang pandangan mereka menganai tema dalam lomba kali ini. Dalam video tersebut, para peserta meperkenalkan dirinya dan memberikan komentarnya mengenai  " Satellite Technology Mastery To Conquer The World ". Seleksi video ini memilih 17 tim terbaik yang berhak mengikuti kompetisi tahap selanutnya yaitu semifinal dan final. 

Berkaitan dengan hal tersebut, tim panitia LAPAN Space Debate Competition 2017 mengadakan Baseline atau briefing untuk para peserta sebelum melangkah menuju semifinal dan final. Dalam baseline ini, para peserta diberikan pemahaman berkaitan dengan tema yang diangkat. Turut hadir para narasumber yang memberikan presentasi terkait materi debat, tediri dari M. Arif Saifudin dari Pusat Teknologi Satelit, Dedi Irawadi Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Chusnul Tri Judianto Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa, serta Hagorly Hutasuhut CEO INSITEK. Para narasumber ini memperkenalkan teknologi satelit dan pemanfaatannya untuk kepentingan umat manusia, khususnya bangsa Indonesia. Materi ini diberikan sebagai bekal atau pedoman, tentang apa yang harus dipelajari dan disiapkan untuk menghadapi semifinal dan final selanjutnya. Tak sedikit pula para peserta lomba yang mengajukan pertanyaan terkait ilmu yang baru didapatnya, yakni berkaitan dengan satelit. Meski sebelumnya para peserta sudah membekali diri tentang pengetahuan satelit dalam video yang diunggah ke YouTube, namun penjelasan dari para ahli secara langsung tentu lebih memacu mereka untuk mendalami materi yang nanti akan diperdebatkan dalam lomba.

Selain materi tentang keilmuan khusus berkaitan dengan satelit, aturan-aturan lomba juga turut dijelaskan kepada para peserta. Baseline ini sendiri mengusung konsep teleconference atau konferensi jarak jauh dengan media video call sebagai penghubung, dikarenakan banyak peserta yang berasal dari luar Jabodetabek. Kegiatan ini berjalan lancar, dengan terhubungnya semua peserta dan terbangunnya komunikasi yang baik antara panitia penyelenggara kegiatan dengan seluruh peserta baik yang hadir secara langsung maupun yang hadir melalui video call. Harapannya melalui kompetisi ini dapat meningkatkan wawasan dan minat para generasi penerus bangsa di bidang teknologi antariksa.

 









Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL