Berita

Layanan Teknologi


Peneliti dan Perekayasa Pusteksat dalam “The 4th International Symposium on LAPAN-IPB Satellite”
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 12 Oct 2017 • Dibaca : 1704 x ,

Peneliti dan Perekayasa Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) kembali beraprtisipasi dalam "The Symposium on LAPAN-IPB Satellite"yang didelenggarakan di Bogor, pada 9-10 Oktober 2017. Berbagai judul penelitian dan pengembangan ditunjukkan kepada para peserta symposium, yang bukan hanya dari LAPAN tetapi dari berbagai instansi. Partisipasi mahasiawa dari dalam maupun luar negeri juga turut menyemarakkan simposium internasional tahunan yang ke-4 ini. Dukunagn Pusteksat dalam kegiatan ini adalah terkait publikasi penelitian dengan presentasi maupun melalui poster. Ada tiga presenter dan tiga poster Pusteksat yang dipublikasikan dalam simposium ini yaitu oleh MuhammadArif Saifuidn, Ade Septi Putri Jayani, Sonny Dwi Harsono dan Sartika Salaswati. 

Di hari pertama, selain Peneliti Robertus Heru Triharjanto sebagai pembicara tamu dalam diskusi panel yang pertama, Perekayasa Muhammad Arif Saifudin juga memaparkan 2 judul presentasinya. Keduanya berjudul “On-orbit Performance of LAPAN’s Experimental Star Sensor on LAPAN-A3/LAPAN-IPB Microsatel dan “Momentum Biased Performance of LAPAN-A3/LAPAN-IPB Satellite for Multispectral Pushbroom Imager Operation”. Dalam presentasi pertamanya, Ia menerangkan kronologis peluncuran satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB  yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2016 lalu di Sriharikota, India bersama dengan 19 satelit lainnya, serta spesifikasi dan kegunaan satelit tersebut. Dilanjutkan pemaparan tentang pengembangan Star Sensor yang telah di pasang pada satelit LAPAN- A3/LAPAN-IPB. 

Ada beberapa tahapan yang harus dijalani dalam pembuatan star sensor tersebut, diantaranya menentukan desain hardware-nya, berupa optical system yang terdiri dari kamera dan lensa, kemudian merancang kedudukan kamera, serta bagaimana Data Procesing Unit (DPU) agar dapat di distribusikan dengan baik dan cepat. Dalam perancangan software star sensor, ada dua hal yang terpenting yang harus diperhatikan, yang pertama Star Identification Algoritm yang berfungsi untuk menentukan sikap kendali satelit, yang kedua adalah Star Catalog dimana software tersebut dapat menyimpan semua referensi catalog bintang sampai dengan 846 bintang. Diterangkan pula grafik perbandingan Star Sensor LAPAN dan Star Sensor yang di beli oleh LAPAN, dihasilkan sama-sama berkerja dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Momentum Biased Performance of LAPAN-A3/LAPAN-IPB Satellite for Multispectral Pushbroom Imager Operation”. Ia menerangkan bagaimana pengendalian dengan Momentum Biased bisa menghasilkan image (Momentum Biased untuk satelit LAPAN-imager, dapat dilihat dari hasil gambar yang telah di dapati. Semua pengambilan gambar itu diperoleh melalui atau yang artinya bahwa titik berada pada sumbu pitch sehingga vector-nya selalu tegak lurus dengan bidang orbit. Vektor momentum angular yang harus dijaga sehinggaimager kamera pada satelit pada posisi nadir, hasilnya bisa dilihat dari citra yang dihasilkan.

Pada hari kedua simposium tepatnya pada sesi poster, para peneliti dan perekayasa Pusteksat, Ade putri Septi Jayani, Sonny Dwi Harsono dan Sartika Salaswati bertugas menjelaskan penelitiannya kepada para pengunjung di booth poster. Adapun judul yang dipamerkan dalam sesi poster tersebut adalah “Experimental Test For Receiving X Band Data Satellite LAPAN-A3 with 5,4m  Antenna Diameter” oleh Sonny Dwi Harsono, Acqutision Performace LAPAN-A3/IPB Multispectral Imager In Real –Time Mode Of Operation oleh Ade Putri Septi Jayani, dan “Free Flight Radiometric Model For Linier Imager On LAPAN-IPB Satellite oleh Sartika Salaswati. Selain itu dilanjutkan sesi pemaparan hasil penelitian melalui sesi presentasi, salah satu pesentasi juga dilakukan oleh Ade Putri Septi Jayani tentang “Band Co-Registration Modeling Of LAPAN-A3/IPB Multispectral Imager Based On Satellite Altitude”. Presentasi tersebut menerangkan bahwa dengan cara ini, hasil imager dari satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang sebelumnya hasilnya kurang sempurna bisa diperbaiki atau disempurnakan dengan metode ini. Dalam presentasinya itu juga di perlihatkan tabel data band co-registration dan satelit altitude pada bulan Agustus 2017.

Dengan mengikuti simposium ini, diharapkan para peneliti dan perkayasa pusteksat dapat terus berkembang, dan memberikan yang terbaik demi kemandirian bangsa dan kemajuan teknologi satelit di Indonesia.

 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL