Berita

Layanan Teknologi


The 4th International Symposium on LAPAN-IPB Satellite “The Role of Satellite Technology for Food Security and Environmental Management”
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 10 Oct 2017 • Dibaca : 1868 x ,

Senin, 9 Oktober baru saja dilaksanakan Simposium Internasional Satelit LAPAN-IPB yang ke-4, bertajuk "Peran Teknologi Satelit dalam Ketahanan Pangan dan manajemen Lingkungan". Kegiatan yang dilakukan di IPB Internasional Convention center, Bogor, ini dibuka oleh Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Bidang Sarana dan Bisnis, Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Sc. Acara ini merupakan salah satu bentuk kelanjutan kerjasama antara LAPAN dan IPB yang telah terjalin pada 2010 lalu, mengani pengembangan dan pemanfaatan micro satellite untuk mendukung pencapaian pertahanan pangan nasional. Simposium kemudian diawali dengan pemaparan dari Keynote Speaker, Dr. Rika Andiatri selaku Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa LAPAN. dilanjutkan DR. Nurwadjedi dari Badan Informasi geospasial (BIG).

Rika Andiarti memperkenalkan hasil penelitian, pengembangan, dan perekayasaan (litbangyasa) LAPAN, khususnya Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) dalam hal ini adalah satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSAT, LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Pengembangan satelit ataupun hasil litbangysa LAPAN lainnya dinaungi oleh Undang-Undang no. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan. Selain memperkenalkan hasil litbangyasa yang telah berhasil dibuat dan dikembangkan, Rika juga menyampaikan roadmap Satelit LAPAN, yang dijadikan pedoman dalam kegiatan litbangyasa kedepannya. Berkaitan dengan tema simposium, Rika juga menjelaskan manfaat atau peranan teknologi satelit untuk kepentingan nasional, yang diantaranya adalah untuk observasi kapal laut, komunikasi amatir melalui Voice Repeater (VR) dan APRS, serta untuk pemantauan lahan.

Setelah pemaparan dari dua keynote speech, diskusi pertama dalam simposium kali ini pun dimulai, dipimpin oleh moderator Prof. Lilik Budi Prasetyo dari IPB. Ada tiga narasumber dalam panel diskusi ini, yaitu Dr. Robertus Heru Triharjanto dari Pusteksat LAPAN, Prof. Kohei Arai dari Saga University, dan Muhammad Kamal, MGIS, PhD., dari Universitas Gadjah Mada. Diskusi panel yang pertama ini diawali dengan materi “Graduate Research Opportunities Within Lapan’s Micro-Satellite Program” oleh salah satu peneliti Pusteksat, Dr. Robertus Heru Triharjanto.

Heru memaparkan pemanfaatan teknologi satelit yang telah dilakukan, salah satunya mengenai hasil data Line Imager Space Aplictaion (LISA) yang sudah mencapai (-+) 80% wilayah Indonesia. Data tersebut dihasilkan oleh satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB.  Selain itu, penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh para peneliti dan perekayasa Pusteksat LAPAN turut disampaikan, beberapa diantaranya juga akan dipresentasikan dalam diskusi-diskusi dalam simposium kali ini.

Partisipasi para peneliti dan perekayasa Pusteksat dalam kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini, sebelumnya juga telah dilakukan melalui pengumpulan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini merupakan acara tahunan hasil kerjasama LAPAN dengan IPB, yang merupakan salah satu respon dari amanat Peresiden. Dalam hal ini IPB ditugaskan sebagai pionir dalam riset ketahanan pangan. Dalam kerjasama ini IPB berkesempatan untuk berperan aktif dalam proses perumusan “Space Mission” dan "roadmap" LISAT. Harapannya, kerjasama tentang litbangyasa dan pemanfaatan teknologi satelit, khususnya dalam kaitannya dengan ketahanan pangan dan manajemen lingkungan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat untuk kepentingan nasional, dalam rangka mewujudkan Indonesia yang mandiri. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL