Berita

Layanan Teknologi


Mahasiswa PKL dari UNILA dan UNY Presentasikan Hasil Laporan di Penghujung Bulan Agustus
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 04 Sep 2017 • Dibaca : 176 x ,

Praktek Kerja Lapangan (PKL) menjadi salah satu jasa pelayanan Pusteksat untuk masyarakat, dalam hal ini adalah untuk siswa SMA, SMK dan sederajat, maupun mahasiswa sesuai dengan bidang yang berkaitan. Hampir di setiap periode, Pusteksat selalu mendapat peserta PKL dari berbagai daerah di Indonesia, dengan bidang atau jurusan yang berbeda-beda, namun tetap berkaitan dengan kompetensi yang ada di Pusteksat LAPAN. Beberrapa waktu lalu, pada akhir periode magang atau PKL, mahasiswa jurusan Teknik Elektronika Universitas lampung (Unila) dan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan jurusan yang sama mempresentasikan hasil laporan kegiatan PKL. Sesuai dengan prosedur yang ada, setiap mahasiswa telah menyelesaikan masa PKL, diwajibkan untuk mempresentasikan hasil kegiatan tersebut selama berada di Pusteksat. Presentasi dari dua kelompok mahasiswa tersebut  dilakukan di waktu yang hampir bersamaan, yakni Unila pada 28 Agustus 2017 sedangkan mahasiswa UNY mempresentasikan pada tanggal 31 Agustus 2017.

Seperti biasa, kegiatan tersebut dihadiri oleh para peserta PKL lainnya, beberapa peneliti dan perekayasa dan pembimbing kelompok. Dibuka oleh Plh. Kabid Diseminasi, Unggul Satrio Yudhotomo, kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat TU. Dengan dihadiri oleh mahasiswa magang yang lain, diharapkan dapat memotivasi mereka semua untuk lebih semangat belajar dan berkarya, serta menyerap ilmu sebanyak-banyaknya selama praktek kerja di Pusteksat. Sedangkan kehadiran para peneltii dan perekayasa tersebut tidak lain merupakan suatu bentuk apresiasi untuk peserta PKL yang telah selesai praktek kerja dan mempresentasikannya dalam sebuah laporan. Peneliti dan perekayasa yang hadir pada kesempatan tersebut turut mengomentari, bertanya dan tak jarang memberikan saran, masukkan yang membangun.

Kedua kelompok mahasiswa dari universitas yang berbeda tersebut memiliki periode PKL yang berbeda, sesuai dengan kebijakan masing-masing kampus. Dua mahasiswa UNY, Abdul Aziz dan Rayana Jaka Surya memulai masa PKL lebih dulu, yakni pada awal Juli hingga akhir Agustus 2017, terhitung selama dua bulan. Kemudian disusul tiga mahasiswa Unila yakni Adam, Aditya dan Agustinus pada awal Agustus, dengan periode PKL satu bulan, yang berkahir pada bulan yang sama.

Dibawah bimbingan Hasan Mayditia, S.Si, M.T, kelompok mahasiswa Unila berhasil mempresentasikan hasil PKL mereka dengan judul "Simulasi Multidevice dan Multicommunication Interface untuk Pengendalian 4 Motor BLDC." Masih dibawah pembimbing yang sama, kelompok mahasiswa dari UNY juga berhasil menyelesaikan proyek selama dua bulan praktek kerja, dengan judul " Rancang Bangun On Board Data Handling (OBDH) dan Antar Muka Uji Komunikasi dan Pembacaan Data Sensor".


Kegiatan presentasi kedua kelompok ini berjalan lancar dan mengalir dengan diskusi yang menyenangkan antara peseta PKL dengan para peneliti dan perekayasa. Harapannya kegiatan praktek kerja ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan untuk para pesertanya. Selain itu semoga dapat memotivasi generasi muda untuk semangat belajar dan berkarya. Presentasi laporan PKL ini diakhiri dengan pemberian cendera mata dan foto  bersama.






Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL