Berita

Layanan Teknologi


Hasil Data AIS Satelit LAPAN diperlihatkan dalam Hakteknas 2017
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 14 Aug 2017 • Dibaca : 536 x ,

Setelah LAPAN meluncurkan 2 buah satelit bermuatan AIS, yaitu satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB banyak data yang telah diperoleh dari kedua satelit tersebut yang bisa dimanfaatkan untuk memantau kapal di seluruh dunia dan khususnya di Indonesia. Dengan orbit ekuatorial satelit LAPAN-A2/LAPAN-Orari dalam sehari bisa mendapatkan 2.4 juta data dan 1 juta data dari satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang berorbit polar.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 yang tepat pada tanggal 10 Agustus 2017 bertema "Pembangunan Maritim Berbasis Teknologi"diselenggarakan di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, secara langsung dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Jusuf Kalla. Dalam acara puncak Hakteknas, LAPAN memamerkan SEMAR (System Embaran Maritim) yang terdiri dari 3 kepusatan yang tergabung dalam pembinaan PUI (Pusat unggulan IPTEK) Kemenristekdikti yaitu Pusat Teknolobi Atmosfer, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Pusat Teknologi Satelit.

Turut hadir dalam acara tersebut Presiden ke 3 RI Bapak B.J. Habibie, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Budaya Puan Maharani, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir, Anggota DPR RI, Gubernur Selawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo serta Kepala Lembaga Pemerintahan Non Kementrian dan para tamu undangan lainnya.


Dalam sambutannya Wakil Presiden Republik Indonesia menekankan "teknologi sebagai hal yang sangat penting di dunia, karena Teknologi memberi nilai tambah dan membawa kemakmuran bagi suatu bangsa", oleh karena itu lembaga, universitas dan penelitian sangat dibutuhkan untuk memajukan teknologi yang berdampak langsung bagi masyarakat.

Menristekdikti, M. Nasir, dalam laporannya mengatakan, tema Hakteknas tahun 2017 adalah "Pembagunan Maritim Berbasis Pengetahuan"dengan subtema "Peran Sumber Daya Manusia dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia", tema tersebut sejalan dengan pembagunan poros maritim dunia yang dicanangkan Presiden RI dan merupakan cita-cita besar terhadap penegakkan kedaulatan ekonomi, pertahanan dan keamanan wilayah NKRI.


Sebelumnya Gubernur Sulawesi Selatan juga memberikan sambutan pada acara tersebut, Yasin Limpo mengatakan "mengapresiasi terpilihnya Sulsel menjadi tuan rumah Hakteknas 2017 dan berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenristekdikti karena memilih Sulsel dalam even besar ini."

DI akhir acara puncak, Wakil Presiden dan segenap jajaran mengunjungi stan pameran hasil riset dan inovasi perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri, antara lain : Kapal nelayan Baja Berlisensi (didalamnya da SEMAR, Panser Anoa Amphibous, Automatic Dependent Surveillance - Boradcast (ADS-B), Mini ATC, Radar Cuaca, Padi Varietas Unggul dengan teknologi IPAT-BO, budidaya dan pengolahan rumput laut, BTS-4G, Smart Card, Stem cell, NPC Strip (pendeteksi dini kanker nasofaring), EKG (Elektrodiogram-perekam aktivitas kelistrikan jantung), PUNA (Pesawat Udara Nir Awak-BPPT), Coastal Radar Surveillance System, Simulator Pesawat N-219, dan lain-lainnya.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL