Berita

Layanan Teknologi


Studi Ekskursi Mahasiswa Politeknik Negeri Padang Ke Pusteksat
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 11 Aug 2017 • Dibaca : 502 x ,

Mahasiswa Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Padang baru saja melakukan kunjungannya ke Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, Kamis 10 Agustus 2017. Kunjungan ini, termasuk dalam rangkaian studi ekskursi Teknik Telekomunikasi Politeknik Negeri Padang  yang dilakukan di 4 kota yakni Jakarta, Bogor, Bandung dan Yogyakarta. Pusteksat LAPAN menjadi salah satu instnasi yang menjadi tujuan studi ekskursi tersebut selama di Bogor. Kedatangan mahasiswa dan dosen,disambut baik oleh tim Diseminasi Pusteksat, diawali dengan sambutan dan pengenalan lembaga oleh Iwan Faizal, S.T., selaku Kabid Diseminasi. Pengenalan Pusteksat sebagai salah satu satuan kerja LAPAN ini dilakukan di gedung serbaguna. Turut hadir pula, peneliti Pusteksat Dwiyanto, ST, MT dan M.Sulaiman Nur Ubay, ST.

Kunjungan oleh Politeknik Negeri Padang tahun 2017 ini merupakan yang ke 3 kalinya sejak pertama kali dilakukan pada tahun 2015 lalu. Hal itu disampaikan oleh perwakilan dosen pembimbing, Aprinal Adila, S.T, M.Kom, pada saat memberikan sambutannya  di awal acara. Beliau menyampaikan terima kasih atas penerimaan kunjungan yang bukan pertama kali ini. Aprinal berharap, mahasiswa semester 4 yang berkunjung tersebut dapat bertambah wawasannya, dengan belajar di Pusteksat meski dalam waktu yang singkat.




Antusias tinggi para peserta studi ekskursi ini terlihat ketika banyaknya pertanyaan yang diajukan setelah mendapatkan pemaparan oleh Kabid Diseminasi Pusteksat. Respon baik dan kritis sudah mulai terlihat ketika pengenalan lembaga dan produk litbangyasa Pusteksat LAPAN di gedung serbaguna. Satu persatu, pertanyaan dijawab oleh para peneliti dan Kabid Diseminasi.

Kegiatan inti dilakukan dengan mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada di Pusteksat, meliputi ruang Assembly, Integration and Test (AIT), gedung bus, gedung bengkel dan stasiun bumi. Agar lebih efektif, 70 mahasiswa ini dibagi menjadi 4 kelompok pada saat kunjungan ke 4 fasilitas. Para peneliti maupun perekayasa siap menerima dan memberikan penjelasan terkait fungsi dari masing-masing fasilitas yang ada. Dengan jumlah yang lebih sedikit di setiap kelompoknya, para mahasiswa ini bebas bertanya dan mengekspresikan pendapat ketika berada di fasilitas-fasilitas. Di gedung bus, pemaparan materi dilakukan oleh Hasan Mayditia, S.Si, MT. Di gedung bengkel pemaparan singkat mengenai pembuatan kerangka satelit dilakukan oleh Hilma Silviani, A.Md dan Wahyu Akbar Megah, St. Kemudian berlanjut ke ruang AIT, disana para peserta dijelaskan mengani cara kerja alat-alat penguji komponen satelit oleh Moh. Farid Huzain, ST., M.Eng, A.Hadi Syafrudin, ST., M.Sc dan M.Arif Saifudin, S.T., M.Kom. Satu lagi fasilitas yang dikunjungi yakni Stasiun Bumi, disana para mahasiswa melihat langsung tim yang sedang melakukan tracking. Selain itu, pengenalan fungsi dan alat-alat serta cara kerja tracking juga dijelaskan oleh Rommy Hartono, ST dan Rifki Ardinal, ST. Setelah 4 kelompok mahasiswa mengunjungi empat fasilitas Pusteksat, kegiatan pun ditutup dengan foto bersama di depan gedung Stasiun Bumi.


Tak jarang mahasiswa yang bertanya pula mengenai prosedur praktek kerja lapangan di Pusteksat. Tim Diseminasi pun menjelaskan bahwa pada dasarnya Pusteksat menjalankan tugas pelayanan untuk masyarakat, salah satunya adalah studi ekskursi seperti kegiatan kali ini, dan juga penerimaan pkl sesuai bidang yang relevan. Prosedur pkl pun turut disampaikan kepada para peserta kunjungan. Banyak mahasiswa yang tertarik dengan ilmu baru yang dipaparkan selama berada di Pusteksat ini, menjadikan mereka ingin belajar lebih banyak melalui pkl, di karenakan waktu yang cukup singkat dalam studi ekskursi ini.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL