Berita

Layanan Teknologi


Supervisi Menuju Pusat Unggulan IPTEK oleh Tim Pakar
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 07 Aug 2017 • Dibaca : 428 x ,

Dalam rangka penguatan kelembagaan untuk menjadikan Pusat Teknologi Satelit  (Pusteksat) LAPAN sebagai Pusat unggulan IPTEK (PUI), Selasa 2 Agustus 2017, baru saja dilaksanakan kegiatan supervisi PUI binaan semester I Tahun 2017. Bertempat di ruang rapau utama Pusteksat kegiatan ini dihadiri oleh tim pakar, yakni 4 orang dari Kemenristekdikti, akademisi Universitas Pakuan Bogor Prof. Dr. Ing Soewarto Hardhienata, dan perwakilan pakar Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI) Dr. Ir Dani Indra Widjanarko, M.T. Selain tim pakar, turut hadir pula Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, Kapusteksat, Ir. Mujtahid, M.T., peneliti senior Pusteksat Moedji Soedjarwo, S.T., beserta jajaran struktural dan tim PUI Pusteksat. 

Saat ini Pusteksat masih mendapat predikat PUI binaan, yang mana untuk memenuhi penetapan PUI masih diperlukan bimbingan atau arahan oleh tim pakar. Pada kesempatan tersebut, tim pakar memaparkan syarat dan kriteria , serta poin-poin terpenting untuk mendapatkan predikat atau penetapan PUI. Pusteksat mendapat banyak arahan dan masukkan, diantaranya dari Prof. Dr. Ing Soewarto Hardhienata yang menyampaikan bahwa program kerja berbasis roadmap harus jelas dan diikuti dengan kedisiplinan untuk memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya. Sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh lembaga harus relevan dengan raodmap tersebut, karena berkaitan dengan rencana kerja, baik startegi jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.


Penyusunan staretgi dalam pemenuhan rencana kerja dan timeline (berkaitan dengan deadline), berguna untuk mencapai target sesuai jadwal karena dalam perjalanannya tentu akan muncul hambatan. hambatan-hambatan itulah yang menjadi tantangan untuk lembaga dalam hal ini Pusteksat harus mampu mempersiapkan strategi untuk menganggulangi atau menyelesaikan hambatan yang ada.

Lain haknya dengan tim pakar Dr. Ir. Dani Indra Widjanarko, M.T. dari ASSI yang menitikberatkan fokus proyek unggulan karena menurut Dhani, hal terpenting adalah hasil yang dapat dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat. Dani sendiri juga biasa menggunakan satelit-satelit luar negeri, namun beliau menuturkan bahwa hasil litbangyasa dari Pusteksat ini merupakan kebanggaan negara, sehingga harus terus dipacu dan dijadikan fokus dari lembaga untuk mewujudkan kemandirian bangsa dalam IPTEK, khususnya penguasaan teknologi satelit sesuai bidang fokus Pusteksat. Hal ini tertuang dalam Undang-undang R nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan pasal 2 huruf a yang berbunyi, "Mewujudkan kemandirian dan meningkatkan daya saing bangsa dan negara dalam penyelenggaraan keantariksaan"

Yudho Baskoro Muriadi dari Kemeristekdikti menanggapi bahwa pendekatan harus dilakukan per bagian agar semua personil di lingkungan kerja Pusteksat bekerja optimal pada bidangnya masing-masing, baik itu bagian peneliti dan perekayasa maupun bagian administrasi, yang turut serta dalam mempersiapkan akreditasi, standarisasi lembaga, dan HAKI. Ada 27 indikator yang harus dipenuhi oleh lembaga yang sebenarnya sangat relevan dengan pekerjaan harian satker atau lembaga, karena indikator itu juga dibuat berdasarkan hasil observasi tim PUI kemenristekdikti.

Melalui sinergitas seluruh komponen lembaga, pusteksat optimis untuk sedikit demi sedikit mengoptimalkan kinerja, menuju Pusat Unggulan IPTEK (PUI). Kegiatan ditutup dengan evaluasi per indikator, kemudian ditutup saat istirahat siang, namun masih berlanjut dengan diskusi informal. Kapusteksat, Ir. Mujtahid, MT berharap dengan supervisi ini, seluruh karywan Pusteksat semakin erat bahu membahu melakukan kinerja terbaiknya mewujudkan visi misi lembaga, '' Pusat Unggulan Teknologi Satelit untuk Mewujudkan Indonesia yang Maju dan Mandiri ''


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL