Berita

Layanan Teknologi


Partisipasi Pusteksat dalam Physics Expo 2017
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 29 May 2017 • Dibaca : 368 x ,

Physics Expo 2017 baru saja diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB). Physics Expo 2017 merupakan event taunan yang sudah diselenggarakan ke-5 kalinya. Di dalamnya terdapat serangkaian acara, mulai dari lomba saintek untuk pelajar dan mahasiswa, talkshow dan wokrshop, hinga puncaknya diisi dengan expo atau pameran teknologi, Tema yang diangkat kali ini bertajuk "Physiscs in Agriculture".

Selama dau hari, Sabtu dan Minggu, 20-21 mei 2017, tim Diseminasi Pusat Teknologi Satelit mengikuti acara puncak Physics Expo 2017 di kampus IPB Dramaga, Bogor. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan motivasi para pelajar dan mahasiswa menyemarakkan perkembangan teknologi, khususmya fisika itu sendiri. Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini, dapat meningkakan pemahaman tentang fisika sebagai ilmu dasar dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya untuk para pelajar dan masyrakat pada umumnya.


Pada kesempatan tersebut, LAPAN menampilkan hasil penelitian dan pengembangan (litbang) berupa benda pamer seperti mock-up satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, miniatur pesawat tanpa awak LSU-03, serta poster-poster terkait penginderaan jauh untuk pertanian. Satelit buatan LAPAN bekerja sama dengan IPB ini dipresentasikan manfaatnya dalam beberapa media edukasi seperti banner, brosur dan poster berikut spesifikasinya.

Dwiyanto, ST, MT salah satu peneliti Pusat Teknologi Satelit turut menjelaskan tentang perkembangan satelit Indonesia, yakni Satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSAT, LAPAN-A2/LAPAN-Orari dan juga LAPAN-A3/LAPAN-IPB kepada para pengunjung pameran. terlihat antusias pengunjung memenuhi stand LAPAN, mereka mengaku tertarik memperoleh informasi pelaksanaan kegiatan litbang LAPAN dan pemanfaatan hasilnya. Buku mengenai penginderaan jauh dan majalah semi populer LAPAN yang dibagikan secara gratis membuat mahasiswa semakin tergerak dan penasaran. mereka sangat aktif menanyakan hasil litbang LAPAN yang diinformasikan dalam terbitan tersebut.

Melalui pameran ini, Pusat Teknologi Satelit mendiseminasikan hasil litbang yang dihasilkan oleh satuan kerja Pusteksat. Harapannya, masyarakat dapat semakin memahami perkembangan iptek, kdirgantaraan dan khususnya satelit Indonesia.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL