Berita

Layanan Teknologi


Sosialisasi Pusteksat ke SMAN 2 Bogor, Perkenalkan Perkembangan Satelit Indonesia
Penulis Berita : Tim Web Pusteksat • Fotografer : • 25 May 2017 • Dibaca : 843 x ,

Tim Diseminasi Pusat Teknologi Satelit baru saja melakukan kunjungannya ke SMAN 2 Bogor bertempat di jalan kranji ujung nomor 1, Bogor beberapa waktu yag lalu. Kunjungan tersebut dalam rangka sosialisasi hasil litbangyasa ( penelitian, pengembangan dan rekayasa ) Pusat Teknologi Satelit Pusteksat) LAPAN. Sosialisasi diberikan kepada siswa IPA X dan XI, Jumat 18 Mei 2017.

Kedatangan Tim Diseminasi Pusteksat disambut baik oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Ibu Erni Rosmiani. Beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas kehadiran tim sosislisasi dari Pusteksat LAPAN. Harapannya adalah siswa SAN 2 Bogor dapat memahami litbangyasa LAPAN dan termotivasi untuk meraih cita-cita selepas lulus SMA nanti.


Irwan Priyanto, ST salah satu peneliti Pusteksat dalam kesempatan tersebut memperkenalkan Pusat Teknologi Satelit yang merupakan salah satu satuan kerja di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAAN). Beliau juga menerangkan bidang pekerjaan yang ada di LAPAN sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementrian yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan beserta pemanfaatannya. Siswa kelas XI yang mendapat penjelasan pun terlihat antusias, terutama ketika diperlihatkan video profil satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB yang baru diluncurkan tahun 2016 lalu. Setelah pemaparan, dibuka sesi tanya jawab yang langsung disambut antusias dengan beberapa pertanyaan yang diajukan para siswa tersebut.

Tak jauh berbeda dengan kelas XI, di kelas X, Anshari Akbar, ST peneliti Pusteksat juga turut memberikan materi sosialisasi. Pada kesempatan tersebut, selain gambaran umum mengenai LAPAN, anshari juga menyampaikan hasl litbangyasa Pusteksat berupa tiga satelit yang sudah diluncurkan yakni satelit LAPAN-A1/LAPAN-TUBSAT, LAPANA2/LAPAN-Orari dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB. Beliau menjelaskan masing-masing misi dan kelebihan yang tentu berebda antara satu satelit dengan satelit lainnya. Walaupun terbilang masih kelas X, namun antusiasnya tak berbeda dengan kakak tingkat di kelas XI. Mereka menanyakan bagaimana ketika satelit sudah habis waktu misinya, dan menjadi sampah satelit, dan beberapa pertanyaan kritis lainnya. Para siswa terlihat puas dengan penjelasan yang diberikan ole peneliti dari Pusteksat LAPAN, bahkan sesi pertanyaan harus dibatasi karena ada kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cendera mata kepada Kepala Sekolah SMAN 2 Bogor, Drs. H. Surya Setiamulyana, M.Pd yang didampingi Wakil Kepala Bagian Humas. Setelah itui dilanjutkan dengan foto bersama. Harapan dari diselenggarakannya sosilisasi ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa SMAN 2 Bogor di bidang antariksa khususnya satelit.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Cagak Satelit KM 04 Rancabungur - Bogor Telp . 0251 8621667 Fax 0251-8623010


Flag Counter

© 2017 - PUSAT TEKNOLOGI SATELIT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL